Bisnis Online

peluang usaha

Kamis, 17 Maret 2011

DASAR-DASAR BERINTERNET

Pengertian internet dapat dijelaskan sebagai berikut :
·               Internet merupakan jaringan rangkaian komputer yang terhubung dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk dalam hal  bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan video dan sebagainya antara individu per individu dari dan ke seluruh dunia.
·               Internet - adalah sebuah sistem komunikasi global memiliki kode unik disebut sebagai  alamat IP 32 bit. Dan setiap satu sambungan hanya memiliki satu kode IP ( Internet Protocol ) Contoh: 110.137.42.20

 

Sejarah Singkat


·              Kehadiran Internet bermula dengan beroperasinya jaringan ARPANET pada tahun 1969. Jaringan ARPANET pertama tersebut hanya menghubungkan empat host komputer dan besar bandwitdh-nya hanya 50kbps.
·              Perkembangan Internet Dunia :
§         Tahun 1967 – 1970  Lawrence G. roberts dari Machusetts of Technology (MIT) mempresentasikan rencana pembangunan ARPANET. 
§         Tahun 1968  proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
§         Tahun 1970 host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol). 
§          Tahun 1971-1988    Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail. 
§         Tahun 1975 Steve Walker membuat Mailling List.
§         Tahun 1979 Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET. 
§         Pada Tanggal 15 Maret 1985    Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama. 
§         Tahun 1986   National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
§         Tahun 1988  Internet Relay Chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane.
§         Tahun 1996   Internet World Expo.
§         Tahun 2003  doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.
§         Tahun 2006  &  WEB 2.0 World Expo.

·              Sedangkan sejarah di INDONESIA internet berawal dari :
§         Tahun 1992 – Diawali oleh BPPT - UI - LAPAN.          Terbentuk Paguyuban  -  teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
§         Tahun 1994 - Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
§         Tahun 1996 - paling tidak 20 ISP komersial & 40 ISP menunggu ijin operasi
§         Tahun 2004 - Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak (dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya)

Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya


·         Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [connect] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider.  max Kecepatan 56kb.
·         Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb - 256kb.
·         ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern.  Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.
·         HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2Mb.

Demikian informasi ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar