Bisnis Online

peluang usaha

Senin, 06 Desember 2010

Sisi Negatif berdampingan dengan Sisi Positif ( Paket 1 )

Beberapa hari setelah beroperasinya pla.net rampah, dalam usaha warung internet, yang juga mencakup sebagian jasa game online seperti akses point blank. Sebagai operator pengendalian server LAN di tempat usaha saya sedikit kewalahan. Pasalnya, sebagian dari yang hadir merupakan siswa yang duduk di bangku sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang hendak mencari sumber klipping untuk tugas mata pelajarannya. Pada awalnya sih, siswa tadi masih oke, dan hanya berkutat pada topik tugas pelajaran yang harus dicarinya. Terkadang saya dipanggil untuk dimintai cara mengutip informasi yang didapatkannya, mengcopy foto-foto dan memasukannya ke dokumen word. atau mengcopy data tabel dan menyalin ke dokumen excel. Setidaknya ini langkah positif untuk maju, saya pikir saat itu.
Tarif jasa layanan internet yang diterapkan di Pla.net adalah Rp. 3.000 per jam, ini adalah tarif yang terjangkau bagi pelajar perorangan atau kelompok tentunya. Bagi masyarakat umum juga merasa terbantu mendapatkan informasi dengan tarif seperti ini. Dan hitungan durasi pemakaiannya dihitung Rp. 50,- setelah 10 menit pertama. Artinya pada 10 menit pertama pelanggan Pla.net sudah dikenakan Rp. 500,-, dan pada saat memasuki menit ke  11, pelanggan dikenakan tambahan Rp. 50, per menitnya.
Komentar salah seorang pengunjung tentang tarif ini pada kami pengelola Pla.net, pada awalnya seikit komplain, namun setelah dijalani selama 2 jam, dia hanya dikenakan Rp. 6.000. Ucapan tentang tarif yang diterapkan cukup bagus.
Kembali ke pengunjung pelajar dengan kocek Rp. 3.000.-nya. Pada awalnya pengambilan data masih yang positif, dan arahan yang diberikan cukup mengena, sehingga untuk mengambil data yang lain tidak membutuhkan pengelola untuk mendampingi. Lagi pula kami sebagai pengelola juga harus melayani yang lain. Tentu saja pengutipan klipping hanya dilakukan oleh pelajar tadi. Dan saya sebagai pengelola kembali ke server.
Di komputer server saya melihat status apa yang dikerjakan oleh pelajar-pelajar, sebagai control terhadap penyalahgunaan situs yang tidak semestinya mereka kunjungi. Ada beberapa pelajar yang membuka situs tersebut. Wah saya kewalahan. Berikutnya saya cek pelajar lainnya, juga melihat situs yang tidak semestinya mereka kunjungi. Ini tidak dapat ditolerir jika terus begini.
Untung dari hasil download gratis saya mendapatkan  Billing-29 v2.6, ini memberi nilai cukup efektif bagi saya  untuk melihat lalu lintas dan link di masing-masing client yang ada. Saya membongkar-bongkar fasilitas Billing 29 v2.6,  melihat setting tarif, menentukan akses client, dan saya jumpai fasilitas pemblokiran secara LAN. kemudian kata-kata yang digunakan dan mengarah ke situs negatif secepatnya saya entikan pada kolom pemblokiran. Dan alhamdulillah, saat saya mengujicobanya pembelokiran secara LAN cukup efektif. Dan setiap client yang mencoba menelusuri website dengan kata-kata seperti  yang  saya daftari entrinya maka proggram browser akan ditutup dengan sendirinya.................................. ( Bersambung ke Paket 2 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar