Bisnis Online

peluang usaha

Kamis, 25 November 2010

PEMAHAMAN EMAIL DAN PEMBUATAN EMAIL YAHOO

Dalam dunia maya surat elektronik atau sebutan populernya email  (dibaca: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer dan merupakan pangkalan dasar data bagi pengguna internet. Karena dengan telah memiliki email seorang pengguna akan menggunakan email tersebut sebagai sarana komunikasi dengan pengguna internet di seluruh dunia.
Email  dapat digambarkan seperti halnya kotak surat yang disewa di kantor-kantor pos dengan alamat misalnya KOTAK POS 2000.
Namun ada perbedaan yang mendasar pada email  dan kotak pos, semisalnya pada email  kita tidak mengetahui dimana posisi pasti lokasi komputer tempat penyimpanan surat-surat kita, sedang pada kotak pos kita mengetahui lokasi Kantor Pos yang menyimpan surat-surat yang ditujukan kepada kita.
Saat ini yang cukup populer penyedia jasa layanan email  di Indonesia adalah Yahoo, Google dengan gmailnya, dan Microsoft dengan hotmailnya.
Pada awal-awal jasa layanan email  ini mengenakan beban biaya kepada penggunanya, sehingga jika dalam kurun waktu tertentu jika kita tidak menyetorkan sejumlah tagihan biaya melalui sistem pembayaran yang disediakannya, pihak penyedia layanan email  akan memblokir serta menghapus semua surat-surat yang tersimpan di komputer servernya. Akan tetapi dengan adanya pola bisnis ekonomi yang modern, saat ini jasa layanan email  telah disediakan gratis, dengan persyaratan harus kita kunjungi minimal sekali dalam sebulan. Hal ini penting karena disamping untuk melihat isi email  yang terkirim ke kita, juga untuk merawat dan menjaga kapasitas penyimpanan yang disediakan kepada kita. Perawatan ini kita lakukan dengan membentuk tempat sebagai tempat penyimpanan email  yang penting dan mengosongkan email  yang kita anggap hanya sekedarnya.
Email terasa begitu penting dalam dunia internet sehingga dapat dikatakan bahwa email  adalah tempat tinggal pertama kita di dunia internet, dengan alamat yang kita isikan sesuai dengan selera kita, bisa dari nama kita, nama daerah, angka dan lainnya, yang selanjutnya alamat ini akan dikenal sebagai alamat tempat tinggal kita.
Contoh :
Seseorang membuat email  di yahoo dengan nama alamat dan sandi sebagai berikut :
email    :  dewasurabaya@yahoo.com
sandi    :  dwsrbya23
Ini berarti bahwa nama alamat emailnya dewasurbaya terletak di server penyedia email yahoo (yahoo.com), dengan kunci untuk membuka alamat email itu dwsrbya23.
Sandi atau kunci alamat email sebaiknya hanya kita sendiri yang mengetahui, sementara orang lain, baik dari keluarga atau siapapun dia tidak mengetahuinya, hal ini untuk menjaga penyalahgunaan yang bisa saja berujung ke tindak pelanggaran ketentuan atau hukum.
Itu sebabnya banyak berita yang menyebutkan bahwa seseorang kehilangan akses bisnis internetnya akibat emailnya dibobol oleh hacker-hacker. Tentu saja secara ekonomi pemilik email akan menderita kerugian.
Berikut penyedia layanan email yang umum dan banyak digunakan di Indonesia adalah :
1.       Yahoo dengan yahoo.co.id, yahoo.com, ymail.com dan lainnya.
2.       Microsott dengan hotmailnya.
3.       Google dengan gmail nya.

Cara Pembuatan Email.
1.       Tetapkan pilihan  terlebih dahulu server penyedia email yang mana yang akan kita gunakan. Misalnya Yahoo.
2.       Masuk ke situs yahoo.co.id, registrasi ke jasa email.
3.       Klik Create New Account, dan tunggu hingga layar tampilan sebagai berikut :
4.       Berikan data-data yang diminta seperti contoh Nama Saya ( Nama Depan dan Nama Belakang ), Jenis Kelamin, Tanggal lahir, ID alamat email yang akan kita berikan. Kata sandi, Pilihan pertanyaan ( hal ini dibuat seandainya yahoo akan mengkonfirmasi ulang tentang account yahoo yang kita miliki lupa kata sandi dan untuk konfirmasi kebenaran data kita lainnya). Ketikkan huruf yang ditampilkan sebagai kunci memulai pendaftaran account yahoo mail.


5.       Pada bagian bawah layar pendaftaran klik registrasi, untuk memproses data account yang digunakan sebagai data identitas pemilik email nantinya. Tunggu hingga proses berjalan.
6.       Layar yahoo mail akan mengucapkan selamat datang bagi pendaftar email baru, yang artinya email sudah selesai dibuat dan digunakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar